28 Agustus 2019 08:12:37
Ditulis oleh Admin

Peringati HUT RI Ke-74, Pemdes Tegalsari Kecamatan Widang Gelar Wayang Kulit

http://tegalsari-widang.desa.id - Sebagai salah satu rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke 74, Pemerintah Desa Tegalsari Kecamatan Widang Kabupaten Tuban menggelar hiburan tradisional pertunjukan wayang kulit semalam suntuk. bertempat di lapangan Balai Desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Selasa (27/8/2019) 

Selain menjadi hiburan warga , Pagelaran Wayang Kulit  merupakan salah satu bentuk menjaga dan melestariakan tradisi dan budaya Jawa, yang semakin hari kian terkikis oleh masuknya tradisi dan budaya asing yang semakin gencar masuk di Indonesia.

Pagelaran wayang kulit tersebut mengangkat lakon “Semar Bangun Kayangan” yang dibawakan oleh Ki Dalang Suroto dari Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban. Selain itu, dalam pagelaran seni tradisional tersebut juga dimeriahkan tari Remong dan Campursari.

 Dalam kesempatan itu, Supriyono Kepala Desa  Tegalsari  mengatakan, pagelaran wayang kulit ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan Pemerintah Desa Tegalsari dalam rangka memperingati HUT RI ke-74.  Lebih jauh, lanjutnya, kegiatan tersebut juga sebagai upaya Pemdes untuk menguri-uri budaya tanah air warisan leluhur dan sinergi dengan masyarakat sekitar.

“Kami berharap pagelaran wayang ini dapat lebih menumbuhkan semangat dan kecintaan masyarakat terhadap budaya Bangsa Indonesia ini,” kata Supriyono , saat membuka pagelaran wayang kulit itu.

Mengangkat Lakon " Semar Bangun Kayangan" berharap agar Desa Tegalsari Kecamatan Widang kedepan akan maju dalam segala bidang sehingga menjadi Icon Desa di Kabupaten Tuban .

Sementara itu, pagelaran wayang kulit semalam itu menjadi daya tarik dan hiburan tersendiri bagi warga masyarakat pecinta budaya tradisional. Melalui pagelaran wayang kulit ini, dapat menjadi ajang silaturahmi sehingga akan tercipta kerukunan dan kedamain di Desa Tegalsari [Alfath/tgs]



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus